Amalan Ahli Surga

Amalan Ahli Surga

Anas bin Malik r.a bercerita, saat sedang duduk bersama sahabat, Rosulallah Saw berkata, "Sebentar lagi, salah satu dari ahli surga akan muncul dihadapan kalian." Tak lama, seorang laki-laki dari kaum Anshar muncul dengan sisa air wudhu masih menetes dari janggutnya. Ia menenteng terompah ditangan kirinya.

Hari berikutnya, Rasulallah Saw mengulang perkataannya dan orang itu kembali melintas seperti pada hari pertama. Dihari ketiga, Rasulallah Saw mengulang perkataannya, dan kejadian itu terulang kembali.

Mendengar ucapan Rasulallah Saw, Abdullah bin Amr r.a mengikuti laki-laki yang dimaksud Rasulallah Saw lalu berkata kepadanya, "Aku bertengkar dengan ayahku, aku tidak akan menemuinya tiga hari, apakah engkau berkenan memberiku tempat menginap?" Lelaki itu menjawab, "Silahkan, dengan senang hati."

Abdullah bin Amr r.a pun menginap dirumah lelaki itu hingga tiga malam berlalu dan Abdullah bin Amr r.a belum melihat dari laki-laki itu melakukan amalan yang disebut sebagai penghuni surga. Sehingga Abdullah bin Amr r.a memberanikan diri bertanya, "Sudah tiga hari disini, aku tidak melihatmu mengerjakan amal yang membanggakan. Mengapa Rasulallah Saw menyebutmu sebagai salah satu calon penghuni surga?"

Lelaki itu menjawab, "aku memang tidak melakukan amalan-amalan yang istimewa, tetapi sebelum aku tidur, aku mengingat kesalahan-kesalahan saudaraku seiman, lalu aku berusaha untuk memaafkannya. Aku hilangkan rasa dengki terhadap karunia Allah yang diberikan kepada saudaraku."

Setelah mendengar itu, Abdullah bin Amr r.a berkata, "Ya, itulah yang menyebabkan engkau disebut sebagai calon penghuni surga."

Hikmah:
  •  Lapangkanlah dadamu kepada saudaramu agar engkau bahagia didunia dan akhirat
  • Merasa puaslah dengan apa yang telah Allah SWT berikan kepadamu, dengan begitu engkaumenjad orang yang paling kaya.
  •  Bersikap sederhanalah didunia, maka Allah SWT akan mencintaimu, dan sederhanalah dimata    manusia, maka mereka juga akan mencintaimu.
  •  Lepaskan dari dadamu sifat dengki, dendam, dan hasad terhadap orang lain, agar kebaikan-kebaikanmu tidak terkuras.
  •  Jangan bersedih akan apa yang hilang darimu, karena dunia terlalu kecil dimata orang-orang yangmengharapkan kehidupan akhirat
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar