Ahli Ibadah Yang Tertipu Iblis

Ahli Ibadah Yang Tertipu Iblis

Dikisahkan dalam kitab tanbihul ghafilin oleh Al-Samarqandi, dari Ikrimah bahwa suatu ketika, seorang ahli ibadah melewati sebuah pohon. Dia tiba-tiba sangat marah ketika melihat orang-orang berduyun menyembah pohon itu. Ia pun kembali kerumahnya mengambil kapak dan kembali lagi untuk menebang pohon itu.

Namun diperjalanan dia dicegah iblis yang melarangnya menebang pohon itu.Ia bersikeras bahwa pohon itu harus ditebang, karena merupakan penyebab kesyirikan, menduakan Allah. Namun iblis terus mencegatnya hingga terjadi pergulatan. Dengan mudah ahli ibadah itu mengalahkan iblis yang menyerupai manusia biasa.

Karena kalah iblis kemudian menawarkan dua dinar yang akan ditaruh dibawah bantal lelekiitu setiap harinya. Ia pun setuju. Beberapa hari berikutnya ia begitu menikmati dua dinar pemberian yang ditaruh dibawah bantalnya. Hingga dihari kesekian, seperti biasanya, lelaki itu terbangun, namun kali ini ia tidak menemukan apa-apa di bawah bantalnya.

"Kurang ajar, aku telah ditipu,, sekarang aku akan menebang pohon itu," seru abid geram.
Dijalan ia kembali ditemui iblis dalam bentuk manusia itu lagi seraya ditanya,  "hendak kemana engkau?" Dengan masih marah, lelaki ahli ibadah itu menjawab "Aku akan menebang pohon yang disembah itu." Iblis menukas,  "Engkau berbohong bukan karena itu kau hendak menebangnya,"

Abid terus melangkah untuk menebang pohon yang disembah orang itu, sehingga iblis itu marah dan membantingnya ketanah lalu mencekiknya erat, seraya bertanya, Tahukah engkau siapa aku sebenarnya? Aku adalah iblis! Engkau datang pertama kali hendak menebang pohon itu karena semata membela Allah sehingga aku tidak mempunyai cara mengalahkanmu.

Lalu aku perdaya engkau dengan dua dinar dan engkau pun tidak jadi menebangnya. Karena engkau sekarang datang karena marah demi dua dinar itu maka aku dapat mengalahkanmu. Hanya dengan keikhlasan engkau bisa mengalahkanku.











Engkau Lebih Cantik Dari Bulan Purnama (Muhamad Yasir)








Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar